Rabu, 07 Mei 2014

BAB 1 Pengertian dan Konsep Pemasaran



BAB I
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

1. PENGERTIAN PEMASARAN DAN RUANG LINGKUP PEMASARAN
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam pemasaran antara lain, sebagai berikut :
  • Pemasar: organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Pemasar dapat merupakan produsen yang umumnya berorientasi terhadap keuntungan dan organisasi yang belum tentu berorientasi pada keuntungan.
  • Barang dan jasa: sesuatu yang ditawarkan oleh produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan.
  • Pemerintah yang berorientasi pada kesejahteraan umum.
  • Pasar: konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
  • Proses pertukaran: kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

LINGKUP PENGERTIAN PEMASARAN
Lingkup pengertian pemasaran antara lain adalah sebagai berikut:
  • Pemasaran Mikro-Eksternal: Pemasaran yang meliputi lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal.
  • Pemasaran Mikro-Internal: kegiatan pemasaran yang berorientasi pada internal perusahaan.
  • Pemasaran Makro-Eksternal: pemasaran perusahaan-perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen dalam lingkup makro.


 2. PERKEMBANGAN DAN SEJARAH PEMIKIRAN TENTANG PEMASARAN
·         Definisi pemasaran :
Asosiasi Marketing Amerika menawarkan definisi formal marketing sebagai berikut: Marketing merupakan kegiatan, kumpulan institusi danprosesuntuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan melakukan pertukaran penawaran yang memberikan nilai bagi konsumen, klien, partner dan masyarakat sosial secara umum. Menurut Kotler dan Keller (2009:45) definisi pemasaran dapat dibedakan antara definisi pemasaran secara manajerial dan secara sosial. Definisi secara manajerial pemasaran sering digambarkan sebagai seni menjual produk, sedangkan definisi pemasaran secara sosial adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.
·        Definisi manajemen pemasaran :
Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (Kotler dan keller) Analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.  
·       Pemasar          :   pencari respons
·       Prospek           :   pemberi respons
·       Pasar               : tempat pembeli dan penjual berkumpul untuk transaksi (secara               tradisional). Jika secara modern itu pasar adalah orang-orang atau organisasi yg memiliki keinginan dan kebutuhan, memiliki daya beli, dan memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya
·       Sistem Marketing sederhana Pasar Konsumen Utama
1. Consumer market
2. Business market
3. Global Market
4. Government market
·       Konsep Inti Pemasaran
Serangkaian konsep inti dalam pemasaran adalah : 
Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan Pasar, sasaran, positioning, dan segmentasi  Penawaran dan merek, Nilai dan kepuasan, Saluran pemasaran, Rantai pasokan,  Persaingan, Lingkungan Pemasaran.
·       Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia yang harus dipenuhi.
·       Keinginan adalah kebutuhan yang diarahkan ke obyek tertentu untuk memuaskan kebutuhan.
·       Permintaan adalah keinginan yang didukung kemampuan untuk membayar.
·       Nilai adalah kombinasi kualitas, pelayanan, dan produk
·       Kepuasan adalah penilaian kinerjaž produk dibandingkan dengan ekspektasi



Ø  Tiga jenis saluran pemasaran :
1.     Saluran komunikasi
2.     Saluran satu arah
3.     Saluran dua arah 

Saluran distribusi : distributor hingga agen  Saluran layanan

“Pasar sudah tidak seperti dulu lagi kekuatan masyarakat utama. Lahirnya perilaku, peluang dan tantangan baru karena pasar telah berbeda secara radikal.
Kemampuan Baru Konsumen, Perubahan loyalitas serta kepekaan konsumen karena memiliki kemampuan baru. Kemampuan Baru Perusahaan Perpaduan kekuatan baru yang menghasilkan serangkaian kemampuan baru perusahaan.
Konsep awal pemasaran :
        Konsep produksi                           :   efisiensi
        Konsep produk                             :   keunggulan produk  
        Konsep penjualan                         :   agresivitas penjualan dan promosi
        Konsep pemasaran                       :   berorientasi pasar
        Konsep pemasaran holistic          :   perspektif dan integrasi

Pemasaran holistik mengakui bahwa segala sesuatu bisa terjadi pada pemasaran dan untuk pemasaran perspektif yang luas dan terpadu sering dibutuhkan empat komponen dari pemasaran holistik yaitu :
1.     Pemasaran hubungan (relationship marketing) Penekanan pada hubungan yang lama dan dalam, antara Pelanggan, Pegawai, Mitra pemasaran, Masyarakat financial, Hasil akhir jaringan pemasaran.
2.     Pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing) adalah perencanaan aktivitas pemasaran dan melaksanakan program pemasaran secara terintegrasi penuh untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantar nilai bagi konsumen. Benefit Solution Information Value Access Pandangan Penjual dan Pandangan Pembeli.
3.     Pemasaran Internal (internal marketing ) setiap orang dalam organisasi mempunyai prinsip pemasaran yang tepat.
Dua tingkat pemasaran internal :
a.      Tingkat satu : berbagai fungsi pemasaran harus bekerja sama.
b.     Tingkat dua  : departemen lain harus menerapkan pemasaran.
4.   Social Responsibility Marketing, konsep pemasaran masyarakat yang menuntut para pemasar untuk memasukkan pertimbangan sosial dan etis ke praktik pemasaran mereka. Tanggung jawab sosial menjadi alat diferensiasi pada saat barang menjadi komoditas dan kesadaran konsumen meningkat.




3. KONSEP DAN ORIENTASI PEMASARAN  
  • Konsep produksi: anggapan pemasar berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah
  • Konsep produk: anggapan pemasar bahwa konsumen lebuh menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
  • Konsep penjualan: anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
  • Konsep pemasaran: anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
  • Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial): anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen
  • Konsep pasar: anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan ( pesaing pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.
4. FUNGSI PEMASARAN UNIVERSAL
Fungsi-fungsi pemasaran meliputi :
  • Penanggungan resiko
  • Pendanaan
  • Pengendalian informasi pemasaran Pembelian
  • Penjualan
  • Pengiriman
  • Penyimpanan
  • Standarisasi dan klasifikasi
  • Pembungkusan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar