Kamis, 30 Januari 2014

tugas pengantar bisnis bab 1



RUANG LINGKUP BISNIS
Disusun Oleh                :LIYAH LIYANA
Nama                            : LIYAH LIYANA
Kelas                              : 1EB17
NPM                               : 25213019







UNIVERSITAS GUNADARMA
Tahun 2013

Mata Kuliah              : Pengantar bisnis
Dosen                          : Fitriansyah
Topik Tugas               : Ruang lingkup bisnis
Kelas                            : 1eb17

KATA PENGANTAR
                Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, berkat rahmat dan karuniaNya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat waktu. Tulisan ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bentuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan, salama mengerjakan tulisan ini ,oleh karena itu saya ucapkan banyak trimakasih kepada semua pihak yang membantu menyusun tulisan ini. Oleh karena itu kiranya pembaca berkenan memberikan kritik atau saran yang membangun untuk penulis agar karya tulis yang selanjutnya menjadi lebih baik. Semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................              i
KATA PENGANTAR............................................................................              ii
DAFTAR ISI........................................................................................             iii

BAB 1
PENDAHULUAN
Kata bisnis memiliki tiga kata penggunaan, Tergantung pada penggunaan singular
*    Kata bisnis dapat merujuk kepada badan usaha
Yaitu kesatuan yuridis ( hukum ), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.
*    Merujuk pada sektor pasar tertentu
Misalnya, bisnis pertelevisian
*    Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktifitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.


1.    PENGERTIAN EKONOMI BISNIS DAN JENISNYA
v PENGERTIAN BISNIS
Bisnis adalah semua aspek kegiatan untuk menyakurkan barang barang melalui saluran yang produktif dari membeli barang mentah sampai  menjual barang jadi.
Bisnis menurut Brown dan Patrello yaitu business in institution wich produces good and services demanded by peopli ( suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa  yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana bisnis kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta, bisnis terbentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operatordari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha dan kapital yang mereka berikan. Ada beberapa bisnis yang tidak menejar keuntungan seperti ini, bisnis ini antara lain :
·        Bisnis koperatif, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua  anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan mensejahterakan rakyat, Model bisnis ini seperti kontras dengan sistenm sosialistik dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerinntah, masyarakat umum atau serikat pekerja.
·        Bisnis secara Etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.


v JENIS JENIS BISNIS
a)    MONOPSONI
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.
Contoh monopsoni : Penjual perangkat kereta api di indonesia .
Perusahaan kereta api di indonesia hanya ada 1 yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.
b)    OLIGOPOLI
Oligopoli adalah pasar dimana penawara satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya perusahaan lebih dari dua tapi kurang dari sepuluh.Setiap perusahaan mempromosikan, Mengiklankan, pengenalan produk baru masing masing perusahaan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Struktur pasar Oligopoli terbentuk pada industri yyang memiliki kapital intensive yang tinggi .
Seperti:
·        Industri semen
·        Industri mobil
·        Industri Kertas
c)     OLIGOPSONI
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
d)    MONOPOLI
Monopoli berasal  dari bahasa yunani monos yang berarti satu atau polein yaitu menjual adala suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Penentu harga pasar inilah yang seorang penjual atau sering disebut monopolis.
e)    Bisnis kecil atau memanfaatkan peluang usaha
Contohnya antara lain:
*    Bisnis internet adalah bisnis yang menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan melalui internet.
 Misalnya:
Ø Online store
*    Bisnis Waralaba adalah suatu bisnis yang dimiliki seseorang dan di berikan kepada pihak lain dengan suatu merek dagang tersebut kepada orang lain dengan menggunakan suatu persyaratandan perjanjian sebagai dasar untuk menjalankan bisnis tersebut.
Misalnya:
Ø Franchise KFC
*    Bisnis jasa adalah suatu usaha atau bisnis yang berupa pelayanan dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang diberikan
Misalnya:
Ø Jasa Konsultan
Ø Jasa pembuatan SIM atau STNK
Ø Jasa Tik
*    Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungannya dengan cara mengantarkan barang atau individu dari satu tempat ke tempat lain
Misalnya:
Ø Jasa travel
Ø Jasa ojek
*    Bisnis Hiburan adalah bisnis yang bertujuan untuk menghibur
Misalnya:
Ø Tempat sirkus
Ø Tempat karoke

2.    TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS

Istilah kebijakan bisnis sering dikaitkan dengan istilah strategi bisnis. Suatu kebijakan memang menyangkut pemikirang yang bersifat strategis yang membawa dampak secara menyeluruh bagi aktivitas organisasi.
Kebijakan bisnis merupakan studi tentang fungsi dan tanggung jawab pimpinan perusahaan dalam menghadapi problema yang mempengaruhi karakter dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Kebijakan bisnis dapat di artikan sebagai aktifitas terpadu dan komprehensif untuk merumuskan  mengimplementasikan dan mengevaluasikan strategi bisnisagar masa depan perusahaan senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan lingkungan.
Kebijakan bisnis berasal dari kata bijak yang berarti punya pandangan luas dan jauh kedepan. Sehingga dapat didefinisikan sebagai langkah dan tindakan untuk mencapai keinginan masa depan, yang dituangkan dalam bentuk ketetapan atau keputusan sebagai pedoman dari kegiatan yang dilaksanakan.

3.    SISTEMPEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
A.    Pengertian sistem perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakanoleh suatu negara untukmengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Sistem perekonomian ada 2 yaitu:
1)    Sistem perekonomian Terencana
Sistem perekonomian terencana dibedakan menjadi 2 antara lain:
a.     Sistem perekonomian komunisme
Adalah sistem perekonomian dimana peren pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber sumber kegiatan perekonomian.
b.     Sistem perekonomian sisialisme
Adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasa yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
2)    Perekonomian Pasar
Tergantung dari kapasitas dan liberalisme untuk menciptakan lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan.
Sistem perekonomian pasar dibedakan menjadi 2 antara lain:
§  Sistem perekonomian Kapitalis
Adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian.
§  Sistem perekonomian liberalis
Adalah suatu fisolofi ekonomi dan politik.
B.    Penertian sistem pasar 
Adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawatan ( penjual )dari barang atau jasa tertentu, sehingga ahirnya dapat menetapkan harga keseimbangan ( harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
4.     KESEMPATAN BISNIS ATAU USAHA
Banyak usahwan sukses karena keahlian dalam memulai dan memperluas usaha. Berikut 14 rahasia yang umumnya mereka pakai. Namun tidak ada jaminan anda akan berhasil dengan cara berikut, meski begitu kini anda mempunyai banyak alternatif.
1). Penuhi kebutuhan konsumen
 Ini merupakan cara buka usaha yang paling umum.
Contoh:
Ø Jika dikantor anda membutuhkan layanan marketing, maka bualah usaha layanan marketing
Ø Jika warga sekitar membutuhkan jasa binatu, wartel, warnet, rental komputer,kursus, dll maka bukalah usaka sesuai kebutuhan tadi.
Usaha berdasarkan kebutuhan konsumen yang nyata adalah hal prinsip dari semua jenis usaha.
2). Jual Keunikan
Kembangkan jiwa kreatif dan inovatif anda dan tuangkan dalam usaha anda. Banyak usaha baru dimulai dari penemuan baru yang khas dan unik.
Contoh:
Ø  Anda berhasil menciptakan program komputer maka jangan ragu untuk menjual dan mematenkannya.
3). Duplikasi usaha lain
Untuk orang yang kurang inisiatif dan inovatif jangan patah arang. Karena ide besar ada dimana mana, bahkan terkadang ada didepan mata kita. Anda hanya perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil resiko.
Contoh:
Ø Dikampus gunadarma ada usaha foto copy yang laris. Apa salahnya anda menyainginya di tempat yang sama, hanya saja anda perlu menambah sedikit nilai lebih ( harga, pelayanan, kecepatan, keramahan)

4). Beli fasilitas tambahan

Contoh:
Ø Ada tetangga anda yang membuka play station anda ingin menyainginya maka anda perlu mengcopy dan menambah sedikit fasilitas atau memperluas penawaran( bar, warnet, wartel, makan siap saji, dll) dilokasi yang sama.

5). Jual Ketrampilan
Banyak orang berkata “ jika dikembangkan diberi tempat bisa dijual lebih mahal” .
Contoh:
Ø Pemangkas rambut berbakat dari salon salon kecil. Sewakan tempat yang bagus, lengkapi dengan alat alatnya, dan beri brand yang khusus dan suntik dengan sistem pelayanan yang sempurna.

6). Jadi Agen
nda bisa membuka kantor keagenan  atau biro yang menyediakan jasa atau layananspesifik.
Contoh:
Ø Agen modeling, foto model, penyanyi berbakat,dll
Untuk usaha ini anda perlu pengalaman dan relasi. Tapi anda bisa tangani sendiri atau memperkerjakan orang orang berbakat didalamnya.

7) Jual Barang Second
Barang second dengan nilai biasa tetapi mempunyai harga tinggi.
Contoh:
Ø Anda memburu barang barang dengan merek aslli yang sudah tidak terpakai tetapi dengan kualitas yang masih bagus dan anda bisa menjualnya kepada selebriti, pengusaha, sanpai jendral yang mempunyai selera berpakaian dan beraksesoris mahal di negeri ini dengan harga yang sepesial.

8). Buka Kantor
Semisal anda berlatar belakang profesi seperti: dokter, akuntan, pengacara, desainer atau konsultan. Bersiaplah merintis usaha sendiri, jika anda kekurangan modal atau SDM anda bsa mengajak teman anda untuk patungan modal, jualah skil atau pengalaman anda.

9) Jalankan DS atau MLM
Direct Selling dan multi level marketing sering disebut people franchise. Modalnya murah meriah namun sudah didukung produk yang bagus, sistem pemasaran, pelatihan dan jenjang karir. Sebagai perusahaan memberi kewsempatan bagi member mendirikan perseroan sendiri ( out horized distributor ) atau stock. Namun waspadalah ! hindari bisnnis skema piramid atau money game yang berkedok MLM.

10). Beli Waralaba
Waralaba merupakan jenis usaha yang relatif terstandarisasi.

11) Beli usaha Prospektif
Jika modal anda cukup besar, dan menurut kulkasi usaha itu bisa dikembangkan lebih pesat lagi,Anda bisa membelinya. Cara ini relatif lebih mahal, tetapi lumayan disukai investor tulen

12) Beli usaha sekarat
Usaha ini anda bisa beli dengan harga relatif murah, seperti harga grosir, Namun biaya pemolesnya harus anda kontrol.

13) Buka lokasi
Contoh:
Ø Ada pembangunan rumah mewah di daerah pinggiran, dan rumah itu laku, perekonomian disitu berkembang pesat. Fasilitas pendukung akan semakin dibutuhkan. Nah layanilah warga setempat dengan produk dan jasa yang sangat mereka butuhkan, pilihlah lokasi yang strategis disana.

14). Usaha Bersama
            Contoh:
Ø Anda kuper tetapi jago masak makanan asing sementara teman anda jago melobi dan punya relasi yang luas, bisa saja anda sama sama membuka usaha restoran dengan menggabungkan kelebihan masing masing, dan memperkuat bisnis modalnya.
5.     HAKIKAT BISNIS
Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.

Seorang bisnisman atau wirausahawan akan melihat kebutuhan masyarakat lingkungannya.Upaya ini merupakan proses mengidentifikasi potensi bisnis, bahkan dalam hal ini biasanya diikuti dengan perkiraan atau antisipasi atas pertumbuhan potensi pasar tersebut di masa datang. Disamping itu juga akan memperhitungkan adanya persaingan yang timbul dari pengusaha lain yang juga bergerak dalam melayani kebutuhan pasar yang sejenis. Disisi lain pengusaha haruslah memikirkan tersedianya sumber daya serta sumber dana besrta dengan cara yang sebaik-baiknya guna melayani kebutuhan pasar tersebut dengan memproduksikan dan menyajikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada masyarakat, kelebihan hasil di ongkosnya itulah yang merupakan laba atau keuntungan.

6.     MENGAPA HARUS BELAJAR BISNIS
1.     pengaruh kuat bisnis dalam kehidupan sehari hari
2.     Pilihan karir atau profesi



Sumber: 
 http://geadisty.blogspot.com/2011/10/hakikat-dan-pentingnya belajar-bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar