Disusun
Oleh :LIYAH LIYANA
Nama : LIYAH LIYANA
Kelas : 1EB17
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tahun 2013
Mata
Kuliah : Pengantar bisnis
Dosen : Fitriansyah
Topik
Tugas : Ruang lingkup bisnis
Kelas : 1eb17
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan YME, berkat rahmat dan karuniaNya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas
ini dengan baik dan tepat waktu. Tulisan ini dibuat dengan berbagai observasi
dan beberapa bentuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan
dan hambatan, salama mengerjakan tulisan ini ,oleh karena itu saya ucapkan
banyak trimakasih kepada semua pihak yang membantu menyusun tulisan ini. Oleh karena
itu kiranya pembaca berkenan memberikan kritik atau saran yang membangun untuk
penulis agar karya tulis yang selanjutnya menjadi lebih baik. Semoga makalah
ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.............................................................................
i
KATA
PENGANTAR............................................................................ ii
DAFTAR
ISI........................................................................................ iii
BAB 1
PENDAHULUAN
Kata bisnis memiliki
tiga kata penggunaan, Tergantung pada penggunaan singular
Kata bisnis dapat merujuk kepada
badan usaha
Yaitu kesatuan yuridis ( hukum ), teknis, dan ekonomis yang bertujuan
mencari laba atau keuntungan.
Merujuk pada sektor pasar tertentu
Misalnya, bisnis pertelevisian
Penggunaan yang paling luas merujuk
pada seluruh aktifitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
1. PENGERTIAN EKONOMI BISNIS
DAN JENISNYA
v PENGERTIAN BISNIS
Bisnis
adalah semua aspek kegiatan untuk menyakurkan barang barang melalui saluran
yang produktif dari membeli barang mentah sampai menjual barang jadi.
Bisnis menurut Brown dan Patrello yaitu business in institution wich
produces good and services demanded by peopli ( suatu lembaga yang menghasilkan
barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
masyarakat.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana bisnis kebanyakan dimiliki oleh pihak
swasta, bisnis terbentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran
para pemiliknya. Pemilik dan operatordari sebuah bisnis mendapatkan imbalan
sesuai dengan waktu, usaha dan kapital yang mereka berikan. Ada beberapa bisnis
yang tidak menejar keuntungan seperti ini, bisnis ini antara lain :
·
Bisnis koperatif, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang
bertujuan mensejahterakan rakyat, Model bisnis ini seperti kontras dengan
sistenm sosialistik dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerinntah,
masyarakat umum atau serikat pekerja.
·
Bisnis secara Etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok
orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
v JENIS JENIS BISNIS
a) MONOPSONI
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku
usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan
jasa dalam suatu pasar komoditas.
Contoh monopsoni :
Penjual perangkat kereta api di indonesia .
Perusahaan kereta api di
indonesia hanya ada 1 yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya
akan dibeli oleh KAI.
b) OLIGOPOLI
Oligopoli adalah pasar dimana penawara satu
jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya perusahaan lebih dari
dua tapi kurang dari sepuluh.Setiap perusahaan mempromosikan, Mengiklankan,
pengenalan produk baru masing masing perusahaan dengan tujuan untuk menjauhkan
konsumen dari pesaing mereka.
Struktur pasar Oligopoli
terbentuk pada industri yyang memiliki kapital intensive yang tinggi .
Seperti:
·
Industri
semen
·
Industri
mobil
·
Industri
Kertas
c) OLIGOPSONI
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku
usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang
atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
d) MONOPOLI
Monopoli berasal dari bahasa yunani monos yang berarti satu
atau polein yaitu menjual adala suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu
penjual yang menguasai pasar.
Penentu harga pasar
inilah yang seorang penjual atau sering disebut monopolis.
e) Bisnis kecil atau
memanfaatkan peluang usaha
Contohnya antara lain:
Bisnis internet adalah bisnis yang menghasilkan dan
menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan melalui internet.
Misalnya:
Ø Online store
Bisnis Waralaba adalah suatu bisnis yang dimiliki
seseorang dan di berikan kepada pihak lain dengan suatu merek dagang tersebut
kepada orang lain dengan menggunakan suatu persyaratandan perjanjian sebagai
dasar untuk menjalankan bisnis tersebut.
Misalnya:
Ø Franchise KFC
Bisnis jasa adalah suatu usaha atau bisnis yang
berupa pelayanan dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas
jasa yang diberikan
Misalnya:
Ø Jasa Konsultan
Ø Jasa pembuatan SIM atau STNK
Ø Jasa Tik
Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan
keuntungannya dengan cara mengantarkan barang atau individu dari satu tempat ke
tempat lain
Misalnya:
Ø Jasa travel
Ø Jasa ojek
Bisnis Hiburan adalah bisnis yang bertujuan untuk
menghibur
Misalnya:
Ø Tempat sirkus
Ø Tempat karoke
2. TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
Istilah kebijakan bisnis sering dikaitkan dengan istilah strategi bisnis.
Suatu kebijakan memang menyangkut pemikirang yang bersifat strategis yang
membawa dampak secara menyeluruh bagi aktivitas organisasi.
Kebijakan bisnis merupakan studi tentang fungsi dan tanggung jawab
pimpinan perusahaan dalam menghadapi problema yang mempengaruhi karakter dan
keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Kebijakan bisnis dapat di artikan
sebagai aktifitas terpadu dan komprehensif untuk merumuskan mengimplementasikan dan mengevaluasikan
strategi bisnisagar masa depan perusahaan senantiasa berkembang sesuai dengan
perkembangan lingkungan.
Kebijakan bisnis berasal dari kata bijak yang berarti punya pandangan
luas dan jauh kedepan. Sehingga dapat didefinisikan sebagai langkah dan
tindakan untuk mencapai keinginan masa depan, yang dituangkan dalam bentuk
ketetapan atau keputusan sebagai pedoman dari kegiatan yang dilaksanakan.
3. SISTEMPEREKONOMIAN DAN
SISTEM PASAR
A. Pengertian sistem
perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakanoleh suatu negara
untukmengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun
organisasi di negara tersebut.
Sistem perekonomian ada 2 yaitu:
1) Sistem perekonomian
Terencana
Sistem perekonomian
terencana dibedakan menjadi 2 antara lain:
a. Sistem perekonomian
komunisme
Adalah sistem
perekonomian dimana peren pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber sumber
kegiatan perekonomian.
b. Sistem perekonomian
sisialisme
Adalah suatu sistem
perekonomian yang memberikan kebebasa yang cukup besar kepada setiap orang
untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
2) Perekonomian Pasar
Tergantung dari kapasitas
dan liberalisme untuk menciptakan lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas
menjual dan membeli barang yang mereka inginkan.
Sistem perekonomian pasar
dibedakan menjadi 2 antara lain:
§ Sistem perekonomian Kapitalis
Adalah sistem
perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk
melaksanakan kegiatan perekonomian.
§ Sistem perekonomian
liberalis
Adalah suatu fisolofi
ekonomi dan politik.
B. Penertian sistem
pasar
Adalah suatu tempat atau
proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawatan ( penjual )dari
barang atau jasa tertentu, sehingga ahirnya dapat menetapkan harga keseimbangan
( harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
4. KESEMPATAN BISNIS ATAU
USAHA
Banyak usahwan sukses karena keahlian dalam memulai dan memperluas usaha.
Berikut 14 rahasia yang umumnya mereka pakai. Namun tidak ada jaminan anda akan
berhasil dengan cara berikut, meski begitu kini anda mempunyai banyak
alternatif.
1). Penuhi
kebutuhan konsumen
Ini merupakan cara buka usaha yang paling
umum.
Contoh:
Ø Jika dikantor anda membutuhkan
layanan marketing, maka bualah usaha layanan marketing
Ø Jika warga sekitar membutuhkan jasa
binatu, wartel, warnet, rental komputer,kursus, dll maka bukalah usaka sesuai
kebutuhan tadi.
Usaha berdasarkan kebutuhan konsumen yang nyata adalah hal
prinsip dari semua jenis usaha.
2). Jual Keunikan
Kembangkan jiwa kreatif dan inovatif anda dan tuangkan dalam
usaha anda. Banyak usaha baru dimulai dari penemuan baru yang khas dan unik.
Contoh:
Ø Anda berhasil menciptakan program komputer
maka jangan ragu untuk menjual dan mematenkannya.
3). Duplikasi usaha
lain
Untuk orang yang kurang inisiatif dan inovatif jangan patah
arang. Karena ide besar ada dimana mana, bahkan terkadang ada didepan mata
kita. Anda hanya perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil
resiko.
Contoh:
Ø Dikampus gunadarma ada usaha foto
copy yang laris. Apa salahnya anda menyainginya di tempat yang sama, hanya saja
anda perlu menambah sedikit nilai lebih ( harga, pelayanan, kecepatan,
keramahan)
4). Beli
fasilitas tambahan
Contoh:
Ø Ada tetangga anda yang membuka play
station anda ingin menyainginya maka anda perlu mengcopy dan menambah sedikit
fasilitas atau memperluas penawaran( bar, warnet, wartel, makan siap saji, dll)
dilokasi yang sama.
5). Jual
Ketrampilan
Banyak orang berkata “
jika dikembangkan diberi tempat bisa dijual lebih mahal” .
Contoh:
Ø Pemangkas rambut berbakat dari salon
salon kecil. Sewakan tempat yang bagus, lengkapi dengan alat alatnya, dan beri
brand yang khusus dan suntik dengan sistem pelayanan yang sempurna.
6). Jadi
Agen
nda bisa membuka kantor
keagenan atau biro yang menyediakan jasa
atau layananspesifik.
Contoh:
Ø Agen modeling, foto model, penyanyi berbakat,dll
Untuk usaha ini anda
perlu pengalaman dan relasi. Tapi anda bisa tangani sendiri atau memperkerjakan
orang orang berbakat didalamnya.
7) Jual
Barang Second
Barang second dengan
nilai biasa tetapi mempunyai harga tinggi.
Contoh:
Ø Anda memburu barang barang dengan
merek aslli yang sudah tidak terpakai tetapi dengan kualitas yang masih bagus
dan anda bisa menjualnya kepada selebriti, pengusaha, sanpai jendral yang
mempunyai selera berpakaian dan beraksesoris mahal di negeri ini dengan harga
yang sepesial.
8). Buka
Kantor
Semisal anda berlatar
belakang profesi seperti: dokter, akuntan, pengacara, desainer atau konsultan.
Bersiaplah merintis usaha sendiri, jika anda kekurangan modal atau SDM anda bsa
mengajak teman anda untuk patungan modal, jualah skil atau pengalaman anda.
9) Jalankan
DS atau MLM
Direct Selling dan multi
level marketing sering disebut people franchise. Modalnya murah meriah namun sudah
didukung produk yang bagus, sistem pemasaran, pelatihan dan jenjang karir.
Sebagai perusahaan memberi kewsempatan bagi member mendirikan perseroan sendiri
( out horized distributor ) atau stock. Namun waspadalah ! hindari bisnnis
skema piramid atau money game yang berkedok MLM.
10). Beli
Waralaba
Waralaba merupakan jenis
usaha yang relatif terstandarisasi.
11) Beli
usaha Prospektif
Jika modal anda cukup
besar, dan menurut kulkasi usaha itu bisa dikembangkan lebih pesat lagi,Anda
bisa membelinya. Cara ini relatif lebih mahal, tetapi lumayan disukai investor
tulen
12) Beli
usaha sekarat
Usaha ini anda bisa beli
dengan harga relatif murah, seperti harga grosir, Namun biaya pemolesnya harus
anda kontrol.
13) Buka lokasi
Contoh:
Ø Ada pembangunan rumah mewah di daerah
pinggiran, dan rumah itu laku, perekonomian disitu berkembang pesat. Fasilitas
pendukung akan semakin dibutuhkan. Nah layanilah warga setempat dengan produk
dan jasa yang sangat mereka butuhkan, pilihlah lokasi yang strategis disana.
14). Usaha
Bersama
Contoh:
Ø Anda kuper tetapi jago masak makanan
asing sementara teman anda jago melobi dan punya relasi yang luas, bisa saja
anda sama sama membuka usaha restoran dengan menggabungkan kelebihan masing
masing, dan memperkuat bisnis modalnya.
5. HAKIKAT BISNIS
Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang
harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu
uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua
belah pihak.
Hakikat bisnis
adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat
luas. Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan
masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga
masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si
pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.
Seorang bisnisman atau
wirausahawan akan melihat kebutuhan masyarakat lingkungannya.Upaya ini
merupakan proses mengidentifikasi potensi bisnis, bahkan dalam hal ini biasanya
diikuti dengan perkiraan atau antisipasi atas pertumbuhan potensi pasar
tersebut di masa datang. Disamping itu juga akan memperhitungkan adanya
persaingan yang timbul dari pengusaha lain yang juga bergerak dalam melayani
kebutuhan pasar yang sejenis. Disisi lain pengusaha haruslah memikirkan
tersedianya sumber daya serta sumber dana besrta dengan cara yang
sebaik-baiknya guna melayani kebutuhan pasar tersebut dengan memproduksikan dan
menyajikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada masyarakat, kelebihan
hasil di ongkosnya itulah yang merupakan laba atau keuntungan.
6. MENGAPA
HARUS BELAJAR BISNIS
1. pengaruh
kuat bisnis dalam kehidupan sehari hari
2. Pilihan
karir atau profesi
Sumber:
http://geadisty.blogspot.com/2011/10/hakikat-dan-pentingnya
belajar-bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar